selamat datang

... Selamat Datang di website (unofficial) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumba Barat Daya ... Tetap Kerja & Tetap Berkarya - Bersama Kita Bisa ... - ... Maju, Mandiri, Modern - untuk meningkatkan mutu dan produksi ternak ... TERNAK BERIDENTITAS, TERNAK BERKUALITAS ... Terus Melaju untuk Indonesia Maju ... DIRGAHAYU KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA KE 17 LODA WEE MARINGI PADA WEE MALALA ...

Selasa, 05 Mei 2020

Kegiatan Survei Info Pasar di SBD

Dalam rangka mengetahui informasi harga komoditas peternakan dan hasil ikutannya, maka tim bidang agribisnis dan kelembagaan peternakan Disnak Keswan SBD melakukan survei di pasar / toko / tempat usaha yang menjual komoditas peternakan & hasil ikutannya.

Komoditas yang disurvei diantaranya: pakan babi (complete feed), pakan ayam, pollard, jagung, pau padi, telur ayam, ayam broiler, kulit kerbau dan yang lainnya.



Ada sedikit cerita yang kami dengar dari penjual komoditas peternakan, tentang misinformasi penyakit ternak babi yang sedang berjangkit di masyarakat. 
Menurut beberapa penjual: "sekarang banyak peternak yang takut membeli pollar dan pakan babi, karena mereka takut babi mereka menjadi sakit bila pakan dicampur dengan pollard dan pakan babi tersebut". 
Penjual juga mengeluhkan penurunan daya beli pakan ternak karena misinformasi ini. 
Memang diperlukan memberi pemahaman yang baik tentang penyakit babi yang sekarang sedang melanda di beberapa desa, sehingga masyarakat mengetahui bagaimana penyakit ini bisa menjangkiti ternak mereka dan informasi tidak berkembang hanya dari rumor yang ada di masyarakat, tetapi benar benar dari dinas teknis yang menanganinya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar