selamat datang

... Selamat Datang di website (unofficial) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumba Barat Daya ... Tetap Kerja & Tetap Berkarya - Bersama Kita Bisa ... - ... Maju, Mandiri, Modern - untuk meningkatkan mutu dan produksi ternak ... TERNAK BERIDENTITAS, TERNAK BERKUALITAS ... Terus Melaju untuk Indonesia Maju ... DIRGAHAYU KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA KE 17 LODA WEE MARINGI PADA WEE MALALA ...

Selasa, 28 April 2020

Tetap Melayani Di Tengah Pandemi

 
Meskipun di tengah kondisi pandemi global Covid-19, Pelayanan Kesehatan Hewan (pengawasan, pengobatan dan pencatatan penyakit hewan) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumba Barat Daya masih terus dilakukan. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah Penyemprotan Desinfektan dan Pelayanan Keswan di Kelurahan Langgalero, Kec. Kota Tambolaka.

Kegiatan ini memberikan pelayanan kesehatan hewan kepada hewan dalam rangka pencegahan, observasi, diagnosis, pengobatan, perawatan, pemulihan kesehatan dan rehabilitasi. Diharapkan media pembawa penyakit ternak dapat dihambat, baik itu melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan media perantara mekanis (air/udara/tanah/pakan/peralatan/manusia) atau media perantara biologis (virus/ bakteri/ amuba/jamur). 

Sehingga perlu diperhatikan pakan/ peralatan yang terkontaminasi bibit penyakit, rendahnya sanitasi kandang, perubahan musim kemarau-penghujan serta masih rendahnya kesadaran pemilik hewan terhadap kesehatan hewan. 
Selain itu defisiensi nutrisi pakan, manajemen pemeliharaan, trauma/kecelakaan dan gangguan metabolisme bisa juga menjadi pemicu penyebab penyakit pada ternak.

(foto dari WA group)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar